Kamis, 08 Juni 2017

Komunikasi Produktif Day 5

Wow... Sudah tanggal 9, saya baru menyelesaikan 4 cerita tentang kompord bersama keluarga. Saya ketinggalan lima cerita... Baiklah Mari kita mencicil untuk berbagi kisah. Semoga bisa bermanfaat dan memberikan inspiratif bagi orang yang membacanya... ^_^

Sejauh ini sudah berusaha untuk menerapkan komunikasi produktif pada anak. Walau hasilnya kebanyakan gagal. Jika seperti itu, mencoba baca kembali materi. menelaah saya salah dimana, sampai merasa, kok yah anak tetap tidak nurut. Padahal pemilihan kata sudah yang paling sederhana menurutku.

Seperti contoh beberapa hari yang lalu. Mikhail mulai "usil" (sudut pandang saya) pada adiknya. Saya mencoba mengendalikan emosi. Dan meminta dengan nada ramah agar ia tidak menepuk nepuk tangan adiknya. (Yang jika terlihat, seperti dipukul berulang ulang)
"Jangan dipukul adeknya,?"
namun sudut pandang bocah hebatku lain. Ia merespon jika itu adalah sebagai cara dia bermain dengan adik. "Orang tidak pukul, main mainka. pegang-pegang tangannya"

See see... Saya menjadi orang tua egois. Selalu melihat dari sudut saya saja, terus menyalahkan anak... Aaaah... Harusnya tugas saya fokus ke masa depan. Jika melihat hal tersebut, coba raih tangan kakak, memberikan contoh dengan cara membelai ke adik. "Begini sayang kalau mau main sama adik. Karena adik masih kecil."

# level1
# day5
# tantangan10 hari
# komunikasiproduktif
# kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar